Simak Penjelasan Lengkap 10 Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik Dasar Sepak Bola
Read Time:6 Minute, 1 Second

Teknik Dasar Sepak Bola – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, bahkan bisa dibilang paling populer di Indonesia. Hampir setiap negara memiliki liganya sendiri. Namun, negara-negara di Eropa telah menjadi kerajaan sepak bola yang diinginkan oleh setiap pesepakbola untuk bermain di sana. Bahkan tim besar Eropa seperti Barcelona, ​​​​Manchester United, Juventus, dan tim besar lainnya memiliki basis penggemar yang sangat besar. Sementara itu, permainan sepak bola telah memantapkan dirinya di masyarakat. Hal ini terlihat dari fanatisme suporter terhadap tim yang dikaguminya, namun juga pada euforia yang berkembang, misalnya saat Anda menuntut agar seseorang bisa bermain sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya

Bagi yang ingin belajar, berikut informasi lengkap teknik dasar sepak bola beserta penjelasan cara melakukannya dengan benar:

1. Teknik Menggiring Bola

Ini adalah teknik dasar yang harus Anda kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola dengan kaki sambil mengontrol kecepatan bola. Ada beberapa macam teknik menggiring bola yaitu : a) Menggiring bola dengan cepat dan menggiring bola tertutup, dalam menggiring bola ada teknik menggiring bola cepat dimana anda berlari, melempar bola ke depan dan mengejarnya. Ada juga dribbling tertutup. Dilakukan melalui dribbling dan kontrol bola yang cermat, teknik ini bisa dilakukan saat Anda sedang dicubit oleh pemain tim lawan. Selain itu, ada tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu backfoot, insidefoot, dan outsidefoot dribbling. b) menggiring bola dengan punggung kaki, teknik menggiring bola dengan punggung kaki dilakukan secara bertahap: mata menatap lurus ke depan; Tempatkan potongan di ujung bola dengan kaki Anda; Peras bola dengan bagian belakang kaki Anda; Lakukan beberapa kali lalu hentikan dengan telapak kaki Anda. c) Menggiring bola bagian dalam, menggiring bola bagian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara: melihat lurus ke depan; putar pergelangan kaki ke luar; Kemudian mulailah mendorong bola dengan bagian luar kaki Anda; Ulangi ini beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kaki Anda. d) Menggiring dengan kaki bagian luar, menggiring dengan kaki bagian luar, caranya tidak jauh berbeda dengan menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Lakukan langkah yang sama menggunakan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Tapi Anda harus memutar pergelangan kaki ke dalam dan mendorong bola.

2. Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik selanjutnya yang harus dikuasai adalah teknik menendang. Teknik ini berguna untuk menembus gawang lawan dan juga untuk mengeksekusi teknik passing yang akan dibahas kemudian. Anda bisa menggunakan tiga teknik menendang, yaitu dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan kaki bagian belakang. Anda dapat melakukan ketiga teknik tendangan ini dengan memfokuskan pada sisi gawang mana yang akan dituju, memposisikan tubuh Anda, dan meletakkan kaki kiri/kanan di samping bola. Kemudian ayunkan kaki yang akan digunakan untuk menendang, memfokuskan energi pada bagian atas kaki dan melihat ke arah sasaran.

3. Teknik Passing

Teknik ini akan lebih berguna daripada teknik menggiring bola yang hanya didasarkan pada keterampilan individu. Anda tidak sendirian saat bermain sepak bola, Anda memiliki 10 teman di lapangan (kecuali penjaga gawang) yang siap membantu satu sama lain. Passing akan sangat efektif dalam menembus pertahanan lawan. Teknik ini bisa dilakukan dengan lintasan pendek, panjang, atau terus menerus dan lebar, yang lebih dikenal dengan istilah lambung umpan. Teknik ini dilakukan dengan cara memposisikan tubuh menghadap bola, fokus pada pemain yang Anda passing, kemudian menarik dan mengayunkan kaki yang menembakkan bola ke pemain dan menyesuaikan kekuatan kaki Anda dengan jarak ke pemain yang akan ada. .

4. Teknik Menghentikan Bola

Setelah mempelajari ketiga teknik dasar di atas, Anda juga perlu mengetahui cara mencegah agar bola tidak melewati Anda. Anda bisa menghentikan bola dengan kaki, dada, dan paha Anda. Untuk menghentikan bola dengan kaki Anda dapat menggunakan bagian luar, dalam, telapak kaki dan bagian belakang kaki: a) Saat menghentikan bola dengan kaki Anda, triknya adalah dengan tetap menatap bola, menunjuk ke arah Anda dan kemudian berhenti dengan kaki Anda. kaki tergantung dari arah mana bola datang. Setelah bola datang pastikan Anda melindunginya dari gangguan musuh. b) Dada hentikan bola, lalu hentikan dada dengan berkonsentrasi pada bola yang datang ke arah Anda, maju atau mundur, rentangkan tangan dan dada, lalu pegang bola. c) Paha menghentikan bola, cara paha berhenti, anda harus melakukan hal yang sama seperti menghentikan bola. Namun saat bola datang, angkat satu kaki dan saat memegang bola, angkat paha. Anda harus bergerak sedikit agar bola bisa jatuh dengan sempurna di depan Anda.

5. Teknik Heading

Teknik ini akan Anda gunakan saat tidak bisa menjangkau bola yang terlalu tinggi, dan tentunya untuk menembus gawang lawan, begitu juga saat melakukan passing. Untuk melakukan teknik ini Anda perlu menentukan posisi tubuh Anda dan waktu yang tepat untuk melompat untuk memukul bola. Kemudian gunakan dahi Anda ke kepala, bukan mahkota. Memungkinkan Anda mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola meluncur dengan arah dan kekuatan.

6. Teknik Memenangkan Bola (Intersepsi)

Teknik dasar ini juga bisa disebut sebagai intersepsi. Teknik ini akan Anda gunakan saat ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan ini, Anda perlu membaca gerakan lawan. Anda juga dapat mengurangi tingkat umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan musuh, tapi hati-hati, ambil bolanya, jangan kakimu. Anda bisa mendapatkan kartu kuning atau bahkan kartu merah. Karena itu, Anda harus pandai membaca gerakan lawan.

7. Teknik Mengayun Bola

Teknik berikut juga merupakan teknik bertahan dari serangan lawan. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan teknik ini karena melibatkan banyak risiko. Anda dapat melukai lawan dan menerima kartu peringatan. Dengan teknik ini, Anda membutuhkan timing yang tepat untuk berhasil menangkap bola. Untuk melakukan ini, Anda harus menyesuaikan kecepatan Anda dengan kecepatan musuh dan kemudian menjatuhkan tubuh Anda sambil meregangkan satu kaki, berguna untuk menahan bola.

8. Teknik Lemparan ke dalam

Anda akan menggunakan teknik ini ketika ada mid-game out atau bola datang dari sisi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, Anda harus melempar bola dengan kedua tangan dan meletakkan kedua tangan di belakang kepala. Dengan lemparan ke dalam, Anda juga bisa memiringkan kaki agar lemparan lebih kuat dan rekan satu tim Anda bisa mendapatkan bola.

9. Teknik Menangkap Bola (Kiper)

Teknik menangkap bola ini didesain khusus untuk anda yang ingin bermain di posisi kiper alias kiper. Teknik yang biasa disebut sebagai kiper ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim. Anda harus melatih refleks untuk menangkap bola ke kiri dan ke kanan, juga Anda harus menguasai teknik menendang dengan kekuatan yang kuat.

10. Teknik Juggling Bola

Teknik juggling bola adalah teknik dasar sepak bola terakhir. Teknik ini bisa Anda gunakan untuk menunjukkan kepintaran Anda dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih penguasaan bola, bahkan bermain dan mengecoh lawan di lapangan. Yang harus Anda lakukan untuk melakukan teknik ini adalah pertama-tama memfokuskan pandangan Anda pada bola dan kemudian gunakan telapak tangan Anda untuk menarik bola ke arah jari-jari kaki Anda. Saat bola sudah menyentuh jari kaki, angkat kaki agar bola terangkat juga. Tetap fokus dan cobalah untuk tidak memukul bola.

Ini adalah teknik dasar sepak bola yang perlu Anda latih sampai Anda mahir bermain sepak bola. Tentu saja, jangan pernah melupakan teknik dasarnya. Karena itu akan terus digunakan dalam sepak bola, dan itu juga menjadi dasar bagi Anda untuk menjadi pesepakbola hebat. Informasi sepak bola lainnya di situs https://kampusbola.id/

Baca Juga: 5 JENIS JENIS BUNGA UNTUK BUKET PERNIKAHAN, MAKNANYA DALEM!