Fitur Whatsapp Terkini

FITUR WHATSAPP TERKINI
Read Time:3 Minute, 48 Second

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi penunjang komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini baik pengguna android maupun ios. Jenis aplikasi ini memiliki teknologi telekomunikasi yang canggih dan mumpuni. Berbagai fitur di dalamnya membuat aplikasi ini lebih banyak disukai oleh penggunanya.

Dengan menggunakan teknologi telekomunikasi terbaru membuat WhatsApp memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya merasa nyaman saat berkirim pesan. Bukan hanya untuk berkirim pesan berbasis teks saja, tetapi bisa memungkinkan pengguna untuk saling berkirim gambar, video, kontak nama, bahkan file.

Sebagai perusahaan yang besar, kemajuan zaman justru menjadi tantangan baru bagi perusahaan ini. Mereka terus memberikan pembaruan terkini agar makin mantap di kelasnya. Misalnya dengan memberi fitur video call group hingga 8 orang.

Selain itu, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini telah merilis fitur Live Location, menghapus pesan untuk semua orang, pada tahun 2017 lalu. Untuk berita teknologi telekomunikasi saat ini akan membahas tentang, fitur whatsapp baru apa saja yang rilis dan mendukung teknologi telekomunikasi ini berkembang sesuai dengan zamannya?

Fitu Whatsapp Terkini

Teknologi Pembayaran Digital

Siapa yang mengira jika aplikasi ini memungkinkan penggunanya bisa membayar berbagai kebutuhan melalui WhatsApp? Baru-baru ini WhatsApp meluncurkan layanan pembayaran untuk pengguna di India. 

Uji coba ini dilakukan oleh Whatsapp setelah menerima persetujuan dari regulator negara tersebut. Teknologi ini bukan hanya untuk kepentingan telekomunikasi saja, fitur ini pertama kali diluncurkan di India sebagai beta pada 2018.

Untuk rilis resminya pun sempat tertunda beberapa tahun dengan alasan kekhawatiran soal privasi dan keamanan data. Dengan jumlah pengguna lebih daru 400 juta, fitur baru ini tentu sangat ditunggu-tunggu karena membuat semuanya makin mudah.

Di India, fitur ini didukung oleh badan pengatur pembayaran ritel India (NPCI) yang memberikan persetujuan kepada WhatsApp, dan disambut baik oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Kemudahan ini adalah memungkinkan penggunanya mengirimkan uang dengan WhatsApp layaknya mengirim pesan.

Salah satu pendukung mengapa fitur ini diluncurkan adalah banyaknya penggunaan pembayaran digital beberapa waktu terakhir ini. Apalagi saat menghadapi pandemi yang menyerang seluruh dunia. Banyak transaksi tunai yang dibatasi sehingga harus menggunana non tunai.

Di India, sistem pembayaran WhatsApp akan menggunakan infrastruktur pembayaran nasional India, yang dikenal dengan nama Unified Payments Interface atau UPI. Perusahaan ini hamper menguasai sekitar 40 persen pasar. Namun, penyedia pembayaran digital di India akan menghadapi tantangan baru. 

Badan pengawas India memberikan pernyataan jika WhatsApp hanya akan diizinkan untuk meluncurkan layanan secara bertingkat. Dimulai dengan basis pengguna terdaftar maksimum sebanyak 20 juta pelanggan UPI. 

Facebook dan WhatsApp sudah bekerja sama dengan lima bank besar di India. Kelima bank ini antara lain ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, dan Jio Payments Bank. Sedangkan UPI sendiri didukung oleh lebih dari 160 bank

Baca juga: CARA GRATIS MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET TANPA MODAL

Fitur Menghemat Memori

Memori ponsel memang terbatas dan akan menjadi penuh jika banyak file tersimpan di dalamnya. Melalui pembaruan dalam teknologi telekomunikasi, WhatsApp sedang mengembangkan fitur yang bisa melihat preview dokumen sebelum menghapusnya. 

Para pengguna WhatsApp nantinya juga bisa meninjau media yang ada sebelum memiliki file untuk dihapus. Ketika fitur tersebut tersedia, pengguna bisa menggunakannya dengan cara membuka pengaturan kemudian pilih opsi Penyimpanan dan Data lalu pilih Kelola Penyimpanan atau Manage Store. 

Dengan hadirnya fitur baru ini di WhatsApp, para pengguna tidak perlu lagi menghapus file secara manual melalui aplikasi untuk membersihkan ruang penyimpanan. Hal ini lebih praktis bukan?

End-to-end Buat Privasi Lebih Aman

Salah satu fitur baru yang cukup dibanggakan oleh WhatsApp adalah end-to-end. Fitur ini sangat berguna dalam dunia telekomunikasi karena memiliki teknologi yang lebih aman. Biasanya dalam roomchat ada tulisan “Pesan-pesan yang dikirim kini diamankan dengan enkripsi end-to-end.” Apa artinya?

Arti dari enkripsi end-to-end pada WhatsApp tersebut berguna untuk mengamankan data berkirim pesan pada penggunanya.

Enkripsi merupakan sebuah teknik manipulasi data dengan kode yang bertujuan untuk melindungi data penting dan mencegah akses yang tidak diinginkan. Data tersebut hanya akan terlihat oleh orang yang saling berkirim pesan saja.

Jadi, pengguna tidak perlu khawatir lagi jika data akan disadap pihak ketiga, misalnya oleh pemerintah atau bahkan pihak WhatsApp sekalipun. Hal ini didukung dengan kekuatan enkripsi WhatsApp adalah 256-bit. Secara teoritis, mustahil untuk memecahkannya.

Yang membuat fitur di WhatsApp ini disukai dan bermanfaat karena end-to-end ini tidak hanya tersedia untuk mengamankan data chatting dua orang saja, tapi juga berlaku untuk voice call, voice note, group chat, dan layanan WhatsApp lainnya.

Dengan fitur ini, privasi pengguna akan lebih aman dan terjaga. Selain itu, untuk mencegah adanya peretasan, fitur tersebut sangat berguna sekali bukan?

Demikian tadi beberapa fitur canggih WhatsApp paling baru dengan teknologi paling mutakhir dan mendukung telekomunikasi agar lancar. Semoga bermanfaar!