Cara Hapus Cache Instagram di iPhone Tanpa Ribet

cara hapus cache instagram di iphone
Read Time:2 Minute, 46 Second

Perlu disadari oleh para pengguna bahwa setiap aplikasi yang dipasang di smartphone pasti akan menghasilkan cache, termasuk Instagram. Karena itu, para pengguna harus rutin menghapusnya. Ada cara hapus cache Instagram di iPhone dengan mudah dan dijamin para pengguna tidak akan ribet dalam melakukannya.

Jumlah data cache yang dimiliki Instagram terbilang lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Hal ini bisa membuat jalannya iPhone semakin lambat, berikut adalah cara untuk membersihkannya.

Cara Hapus Cache Instagram di iPhone

Menghapus Cache Instagram melalui Pengaturan Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh para pengguna untuk menghapus data cache Instagram pada iPhone adalah dengan menghapusnya melalui pengaturan aplikasi. iPhone memang memiliki menu khusus di dalam menu pengaturannya.

Pada menu ini, setiap data yang disimpan oleh aplikasi termasuk Instagram akan disimpan. Data tersebut juga meliputi data cache. Karena itu, cara atau akses termudah untuk menghapusnya adalah melalui akses pengaturan.

Kira-kira menu mana yang digunakan untuk menghapus cache, berikut akan dibahas per langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan penghapusan cache:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ pada iPhone lebih dahulu.
  • Kemudian, scroll ke bawah untuk mencari sub menu ‘Kata Sandi dan Akun’.
  • Buka sub menu tersebut untuk melihat berbagai opsi yang lainnya.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan opsi pengaturan untuk aplikasi Instagram.
  • Buka pengaturan aplikasi Instagram pada menu.
  • Para pengguna akan melihat berapa besar data yang disimpan oleh aplikasi.
  • Kemudian, pada bagian bawah akan terlihat tombol dalam tulisan merah bertuliskan ‘Hapus Riwayat dan Data’.
  • Klik tombol tersebut dan tunggu sampai penghapusan Riwayat data atau cache terhapus.

Lamanya proses penghapusan ini bergantung pada seberapa besar cache disimpan. Jika ukuran file sangat besar, para pengguna harus bersabar dan menunggu proses penghapusan selesai. Lebih baik jangan keluar dari Pengaturan sebelum proses penghapusan benar-benar selesai.

Baca juga : Fitur Whatsapp Terkini

Hapus Cache Melalui Pengaturan Foto dan Video

Cara hapus cache Instagram di iPhone selanjutnya adalah melalui pengaturan foto dan video. Seperti yang diketahui, bahwa Instagram merupakan aplikasi yang mengelola konten berupa foto dan juga video.

Sedangkan, iPhone sendiri memiliki sistem yang mengintegrasikan kedua pengaturan ini. Jadi, tidak heran jika ada data cache dari Instagram yang disimpan oleh bagian foto dan video.

Jika para pengguna ingin penghapusan cache yang lebih bersih, lebih baik untuk melakukan penghapusan juga pada bagian cache foto dan video. Dengan langkah di bawah ini:

  • Pilih menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ yang ada iPhone.
  • Kemudian, scroll ke bawah sampai menemukan sub menu Photo.
  • Lihat pada bagian back up foto dan video yang tersimpan pada menu ‘Back Up 30 Hari’.
  • Pilih sumber foto dan video yang berasal dari Instagram.
  • Kemudian, selesaikan dengan menekan tombol perintah ‘Hapus Cache Foto dan Video’.
  • Tunggu sampai proses penghapusan selesai dan baru keluar dari menu.

Hal yang perlu para pengguna pahami pada cara ini adalah ada kemungkinan beberapa file foto dan video akan hilang dari penyimpanan iPhone. Terutama, foto dan video yang diambil dengan kamera Instagram atau yang pernah diupload pada aplikasi Instagram.

Jika para pengguna tidak ingin kehilangan file ini, maka hal ini bisa diantisipasi dengan cara melakukan pencadangan data. Cadangkan data di memori cloud agar semakin aman dan tidak terpengaruh oleh penghapusan cache.

Itulah cara hapus cache Instagram di iPhone yang bisa dilakukan dengan mudah dan dijamin tanpa ribet. Dengan kedua cara di atas, para pengguna bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi Instagram ini. Para pengguna juga bisa mengakses majalahponsel.org untuk trik dan cara memaksimalkan iPhone yang lainnya.