Inilah Batas Waktu Jam Sholat Isya Dan Keutamaannya

Read Time:2 Minute, 37 Second

Sholat isya merupakan salah satu ibadah sholat wajib yang biasa disebut dengan sholat fardhu untuk umat muslim. Melaksanakan sholat tepat waktu dianjurkan karena memiliki keutamaannya sendiri. Diantara sholat fardhu lainnya, batas waktu jam sholat isya yang dipercaya cukup panjang hingga menjelang waktu sholat subuh.

Panjangnya waktu sholat isya membuat sebagian umat muslim tidak melaksanakan sholat wajib tepat waktu.  Namun, sebenarnya batas waktu sholat isya masih menjadi perbincangan bagi para ulama, sehingga masih ada beberapa masyarakat yang awam mengenai batasan waktu sholat isya ini.

Batas Waktu Sholat Isya Terbaik

Sholat isya yang memiliki waktu jeda cukup panjang untuk masuk ke sholat wajib berikutnya. Hal tersebut masih diragukan beberapa umat muslim. Tetapi alangkah baiknya sholat tidak ditunda-tunda yaitu dilaksanakan di awal waktu saja. Berdasarkan beberapa riwayat,  batas waktu jam sholat isya ini memiliki tiga poin, diantaranya yaitu:

1.     Waktu Pertama

Waktu pertama untuk menunaikan ibadah sholat isya yaitu ketika adzan isya mulai berkumandang yang merupakan waktu terbaik untuk sholat wajib. Tidak hanya berlaku untuk sholat isya saja, ibadah sholat fardhu yang lainnya juga lebih baik dilaksanakan di awal waktu. Pada dasarnya sudah dijelaskan juga di dalam Al-qur’an bahwa untuk ibadah masing-masing sholat ini sudah ditentukan waktunya.

2.     Waktu Kedua

Pada poin kedua untuk mengetahui batas waktu jam sholat isya yaitu sampai sepertiga malam atau pertengahan malamnya. Sholat isya walaupun dikerjakan sebelum waktu subuh, sholatnya sah namun hukumnya makruh.

Hal tersebut disebutkan menurut  pendapat Malikiyah. Berbeda dengan pendapat Hanafiyah seperti waktu pertama untuk sholat isya yaitu selama belum memasuki waktu subuh maka sholatnya dikatakan sah dan tidak berdosa.

3.     Waktu Terakhir

Selanjutnya untuk waktu sholat isya pada poin terakhir ini  terdapat dua waktu menurut Syafi’iyah dan Hambali. Waktu yang pertama disebut dengan ikhtiyari dan waktu yang kedua disebut dengan dharuri.

Waktu ikhtiyari yaitu sejak mulai hilangnya mega merah di ufuk arah barat sampai dengan sepertiga malam atau yang disebut tengah malam. Sedangkan untuk waktu dharuri yaitu diistilahkan dengan waktu yang disebut waktu jawaz atau toleransi.

Namun, bagi umat muslim yang berada di situasi dan kondisi terbilang normal, diusahakan untuk sholat isya selama waktu yang pertama disebutkan yaitu ikhtiyari. Waktu jawaz atau toleransi hanya boleh dikerjakan ketika ada udzur.

Keutamaan Sholat Isya

Melaksanakan sholat wajib, seperti sholat isya memiliki banyak keutamaan. Bagi umat muslim yang melaksanakan sholat isya ini akan mendapatkan pahala yang setara seperti sholat malam.

Mengerjakan ibadah di malam hari terbilang cukup sulit dilakukan, karena kebanyakan orang masih terlelap tidur. Ibadah sholat malam memiliki keutamaan yang sangat istimewa sehingga sebagian umat muslim berlomba-lomba untuk bisa melaksanakannya.

Menjalankan dan menunaikan ibadah sholat isya, salah satu tujuannya bagi umat yang mengetahui yaitu dapat menghapus dosa yang pernah dilakukannya. Keutamaan ini sebenarnya dimiliki untuk semua sholat wajib dan sebaiknya dilaksanakan di awal waktu. Karena menunda sholat merupakan perilaku buruk yang mempengaruhi situasi atau kondisi lainnya.

Itulah beberapa penjelasan batas waktu jam sholat isya beserta keutamaanya ketika melaksanakan sholat isya tepat waktu. Keutamaan dari sholat wajib sendiri yaitu dikerjakan mendapatkan pahala dan keistimewaanya. Namun apabila ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Berdasarkan ulasan ini semoga umat muslim dapat mengerjakan ibadah sholat isya di awal waktu, bahkan di masjid sudah disediakan jam digital masjid untuk memudahkannya.