5 Jenis Bahan Jendela Curtain Wall Untuk Tampil Lebih Elegan dan Fungsional!

Bahan Jendela Curtain Wall

Bahan Jendela Curtain Wall – Jendela curtain wall telah menjadi pilihan populer dalam desain bangunan modern, memberikan tampilan yang elegan dan fungsionalitas yang luar biasa. Namun, keindahan dan keefektifan jendela ini tidak hanya bergantung pada desainnya, melainkan juga pada bahan yang digunakan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa bahan jendela curtain wall yang bisa menjadi pilihan dan 4 alasan menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk jendela curtain wall.

5 Jenis Bahan Jendela Curtain Wall!

Setidaknya ada 5 bahan untuk jendela curtain wall yang bisa dijadikan pilihan agar tampilan jadi lebih indah dan elegan. Aluminium Composite Panel (ACP), kaca laminasi, kaca Low-E, Stainless Steel, dan Batu Alami atau Keramik. Yuk kita bahas satu satu!

1. Aluminium Composite Panel (ACP)

Salah satu bahan yang mendominasi dunia curtain wall adalah Aluminium Composite Panel (ACP). Material ini terdiri dari dua lapisan aluminium yang melapisi inti polyethylene. Kelebihan ACP termasuk ringan, tahan korosi, dan memiliki kemampuan termal yang baik. ACP juga memungkinkan variasi warna dan desain yang luas, memberikan fleksibilitas artistik yang tinggi dalam merancang jendela curtain wall.

Jika Anda sedang merencanakan pemasangan jendela curtain wall yang indah dan berkinerja tinggi, kunjungilah situs Paluminium.com. Palumunium merupakan ahli dalam jasa konstruksi pemasangan kusen aluminium, kaca, dan menyediakan jasa kontraktor ACP berpengalaman. Dengan pengalaman dan komitmen terhadap kualitas, Paluminium.com adalah mitra terpercaya untuk mewujudkan desain bangunan Anda.

2. Kaca Laminasi

Bahan jendela curtain wall selanjutnya adalah kaca laminasi. Kaca laminasi adalah pilihan lain yang populer untuk curtain wall, terutama karena keamanan yang tinggi. Kaca ini terdiri dari dua atau lebih lembar kaca yang direkatkan bersama dengan lapisan film PVB (Polyvinyl Butyral) di antaranya. Selain memberikan estetika yang indah, kaca laminasi dapat mengurangi risiko pecahnya kaca dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang merusak.

3. Kaca Low-E (Low Emissivity)

Bahan jendela curtain wall berikutnya adalah kaca low-E. Kaca Low-E merupakan solusi cerdas untuk meningkatkan efisiensi energi bangunan. Dilapisi dengan lapisan tipis logam yang dapat meredam atau memantulkan panas, kaca ini membantu menjaga suhu dalam ruangan dan mengurangi penggunaan energi untuk pemanasan atau pendinginan. Ini menjadi pilihan bahan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

4. Stainless Steel

Stainless steel sering digunakan untuk struktur frame bahan jendela curtain wal. Material ini tahan korosi dan memberikan kekuatan struktural yang tinggi. Penggunaan stainless steel pada elemen-elemen seperti tiang dan bingkai memberikan daya tahan dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem, menjadikannya bahan yang sangat dihargai dalam desain curtain wall.

5. Batu Alami atau Keramik

Pilihan lain yang semakin diminati adalah penggunaan batu alami atau keramik sebagai elemen penutup eksterior pada curtain wall. Bahan ini memberikan tampilan yang eksklusif dan daya tahan yang tinggi terhadap elemen-elemen alam, membuatnya cocok untuk bangunan yang menonjolkan unsur estetika alami.

Baca juga:

Baca juga: cara mengecat dinding motif garis

Keuntungan Menggunakan Bahan Berkualitas

Bahan Jendela Curtain Wall

Pemilihan bahan yang tepat untuk jendela curtain wall bukan hanya masalah estetika, tetapi juga kinerja dan keamanan bangunan. Dengan menggunakan bahan berkualitas, Anda dapat mengalami beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Efisiensi Energi: Bahan berkualitas dapat membantu mengurangi penggunaan energi, terutama jika Anda memilih kaca Low-E yang efisien energi.
  2. Daya Tahan: Material tahan cuaca dan korosi memberikan daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca ekstrem, menjaga keindahan dan kekuatan struktural jendela curtain wall.
  3. Keamanan: Bahan seperti kaca laminasi menambah lapisan keamanan pada jendela, melindungi bangunan dari potensi bahaya eksternal.
  4. Estetika: Pilihan bahan yang tepat memberikan ruang untuk kreativitas desain, menciptakan penampilan yang menarik dan sesuai dengan gaya arsitektur.

Itulah beberapa keuntungan jika menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk jendela curtain wall.

Kesimpulan

Jadi paling tidak, ada 5 jenis bahan jendela curtain wall yang bisa Anda jadikan pilihan ketika ingin membuat jendela curtain wall, yakni Aluminium Composite Panel (ACP), kaca laminasi, kaca Low-E, Stainless Steel, dan Batu Alami atau Keramik. Pemilihan bahan yang tepat untuk jendela curtain wall, alasannya bukan hanya soal kebutuhan estetika, tapi juga ada hubungannya dengan kinerja dan keamanan bangunan.

Selain itu, ada banyak keuntungan jika kita menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk jendela curtain wall. Pertama, efisiensi energi. Yang kedua, daya tahan material seperti tahan cuaca dan korosi. Yang ketiga, untuk menambah lapisan keamanan pada jendela dan melindungi bangunan dari potensi bahaya eksternal. Dan yang keempat, soal estetika. Pilihan bahan yang tepat akan memberikan ruang untuk kreativitas desain, menciptakan penampilan yang menarik dan sesuai dengan gaya arsitektur rumah.

Sekian ulasan singkat ini, semoga menambah pengetahuan.