6 Alat Musik Petik yang Populer

ALAT MUSIK PETIK
Read Time:3 Minute, 10 Second

Alat Musik Petik – Musik yang kita dengar sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa alat musik. Kolaborasi alat musik yang dimainkan bersama membentuk sebuah komposisi yang menjadi sebuah lagu. Ada berbagai jenis alat musik, salah satunya adalah alat musik petik.

Apakah Itu Alat Musik Petik?

Alat musik yang menggunakan senar untuk menghasilkan bunyi. Ada beberapa cara untuk membuat nada dari senar. Kali ini kita akan fokus pada alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Ada beberapa alat musik petik yang kita kenal, antara lain:

Gitar

Alat musik petik paling populer. Semua orang tahu itu, dari musisi profesional asing hingga pengamen semua bermain gitar.

Menurut sejarah, gitar berasal dari Spanyol. Karena itu, ada istilah gitar Spanyol yang mengacu pada jenis gitar. Terbuat dari kayu dengan bodi berongga atau kotak suara yang dihubungkan dengan leher dengan 6 senar yang terpasang.

Untuk memainkan gitar dengan sempurna diperlukan kemampuan teknis bermain gitar dengan 144 akord atau chord gitar yang tersedia. Dalam perkembangannya, gitar tidak hanya akustik, tetapi juga elektrik karena menggunakan listrik dalam penggunaannya.

Contra Bass/Bas

ALAT MUSIK PETIK

Bentuk dan struktur suaranya mirip dengan gitar. Badan utama atau badan berlubang yang menghubungkan ke leher tempat senar dipasang.

Bass menghasilkan nada rendah sebagai penjaga tempo. Dimainkan dengan cara memetik 4 senar yang relatif lebih besar dan tebal. Saat bermain, bass harus berdiri tegak.

Dengan perkembangan teknologi, versi klasik dari bass klasik, yang berukuran besar, jarang digunakan. Menjadi gitar bass karena bentuknya menyerupai gitar listrik 4 senar.

Banjo

Alat musik dibawa ke Amerika oleh imigran Afrika selama era perbudakan. Ini secara historis memainkan peran penting dalam pengembangan budaya Afrika-Amerika.

Memiliki 4 senar, tetapi ada juga yang berdawai 5 atau 6. Badan atau corpus berbentuk bulat dan dilapisi selaput atau selaput yang terbuat dari kulit binatang sebagai reflektor penghasil suara. Kemudian disambungkan ke leher di mana tali dipasang di ujungnya.

Seperti bedug di masjid atau mushola di nusantara. Ketika drum menghasilkan suara dengan memukulnya, senar banjo dipetik, menyebabkan resonansi dengan diafragma.

Banjo dimainkan pada musik country, folk, tradisional Irlandia, serta bluegrass. Suara instrumen banjo yang tidak diragukan lagi membentuk perkembangan musik di Amerika.

Ukulele

ALAT MUSIK PETIK

Alat musik mirip gitar yang ukurannya lebih kecil, kira-kira setengah ukuran gitar biasa. Berasal dari Hawaii dan terbuat dari kayu. Bodi atau bodinya dilubangi dengan lubang resonansi yang menyambung ke leher tempat dipasangnya 4 senar.

Ada 4 jenis berdasarkan ukuran dan peruntukannya, yaitu model sopran standar dan kemudian model konser, tenor dan bariton.

Ukulele populer di Indonesia karena dibawa oleh Portugis. Ini berkembang dengan diterimanya musik keroncong, yang menjadikan ukulele sebagai alat musik utamanya.

Harpa

Merupakan alat musik yang sudah ada sejak lama. Hal ini diyakini telah dimainkan sebagai alat musik sejak zaman Mesir kuno.

Pada awalnya itu terdiri dari lengkungan. Kecapi disebut juga alat musik bidadari. Mitos beredar karena beberapa orang dulu percaya bahwa kecapi adalah alat musik yang dimainkan di surga.

Ini berbentuk segitiga dan terdiri dari papan suara, leher dan memiliki 22 atau 47 senar. Mainkan dipetik dengan jari tangan atau kaki Anda dengan duduk menghadap papan suara. Anak-anak kecil dimainkan di pangkuan seperti gitar.

Harpa sering dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, dengan pemain harpa menjadi titik fokus dari setiap komposisi musik yang dilakukan.

Mandolin

Berasal dari Italia dan kemudian menyebar ke Timur Tengah, khazanah musik menghiasi di sana.

Tubuh atau corpus sedikit lebih besar, bulat dan lebih tebal dari gitar lubang beresonansi. Terhubung ke leher tempat kabel terpasang.

Mandolin adalah chordophone yang awalnya memiliki 6 senar ganda dan berkembang menjadi hanya 4 senar ganda. String ganda berarti 2 string bergabung bersama untuk membuat 4 string.

Mandolin datang ke Indonesia sebagai bagian dari musik tradisional Melayu. Dimainkan untuk mengiringi tarian saat merayakan hari besar keagamaan. Dikombinasikan dengan biola dan rebana atau perkusi lainnya. Grup musik Indonesia yang konsisten menggunakan mandolin sebagai alat musik adalah Grup Soneta.

Baca Juga: TIPS TRADING FOREX AUTOPILOT?